Penyebab Kanker Leher Rahim

Kanker leher rahim merupakan kanker yang paling banyak terjadi pada wanita Indonesia. Secara umum, kanker leher rahim (serviks) dibagi 2 yaitu kanker serviks preinvasif atau stadium awal dan kanker serviks invasif yang telah menyebar ke jaringan lain. Jika kanker serviks preinvasif tidak diobati akan berkembang menjadi kanker serviks invasif yang sulit disembuhkan.

Kanker leher rahim ini diduga disebabkan oleh sejenis human papilloma virus (HPV) yang menular melalui hubungan seksual. Berikut ini faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya kanker serviks :

1. Berhubungan seksual pada usia muda (kurang dari 20 tahun) dan sering berganti pasangan seks atau berhubungan dengan yang sering melakukan hubungan seks dengan beberapa wanita berbeda-beda.

2. Kehamilan yang terjadi pada berulang kali (sering melahirkan) serta infeksi virus dan bakteri pada serviks.

3. Tablet konterasepsi yang digunakan lebih dari 4 tahun.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit kanker yang menempati urutan teratas diantara banyak jenis kanker yang menyebabkan kematian kaum perempuan di dunia.

Di Indonesia, setiap tahun tercatat lebih dari 15.000 kasus kanker serviks, 8.000 kasus yang ditemukan berakhir kematian. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat risiko paling tinggi terhadap kanker leher rahim ini, setelah Afrika.

Banyak faktor penyebab dari timbulnya kanker leher rahim ini yang salah satunya adalah human virus papilloma yang memang merupakan virus mematikan dan penyebab terbesar dari kanker ini. HPV memiliki lebih dari 100 tipe virus, namun hanya virus bertipe 16 dan 18 yang merupakan jenis virus HPV yang berbahaya.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Kanker Leher Rahim and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *